Laman

Senin, 05 Agustus 2013

APAKAH PERLU DIKUMANDANGKAN ADZAN & IQAMAH KETIKA SHALAT IED?

Assalammu'alaikum...




     Alhamdulillah, masih sempat nulis artikel baru. Yang dibahas juga masih mengenai shalat hari raya. Bedanya kali ini yang akan dikupas tuntas setajam silet (he...he...he...) adalah mengenai pertanyaan apakah perlu dikumandangkan adzan dan iqamah saat shalat ied? sebelum dikupas pembahasannya mari kita awali dengan basmallah.


Bismillahirrahmanirrahim...

     *Apakah Perlu Di Kumandangkan Adzan dan Iqamah?*

     Adzan merupakan seruan untuk melaksanakan shalat. Seruan bahwasanya sudah masuk waktu shalat. Sementara Iqamah adalah pertanda akan dimulainya shalat. Lalu, kenapa tidak dikumandangkan adzan dan iqamah ketika shalat hari raya, baik fitri maupun adha. Padahal saat itu kita akan melaksanakan shalat berjamaah yang sudah pasti terdiri dari banyak jamaah.



           Jawabnya tertera dari perkataan para sahabat Rasulullah saw. di bawah:

          Dari Ibnu Abbas dan Jabir bin Abdullah ra. mereka berkata, "Tidak pernah dikumandangkan adzan baik pada hari raya fitri maupun pada hari raya adha." (Muttafaqun 'alaih: Fathul Bari II: 451 no: 960 dan Muslim II: 604 no: 886).


          Dari Jabir (bin Abdullah) ra. bahwa tiada adzan untuk shalat hari raya fitri (dan hari raya adha) ketika khatib (belum) datang dan tidak (pula) sesudahnya, dan tiada (pula) iqamah, tiada (pula) seruan, tiada pula sesuatu apapun, pada hari iti tiada seruan adzan dan tiada (pula) iqamah." (Hadits ini bagian dari hadits Imam Muslim sebelumnya).

           Maka sudah jelas bahwa tiada (tidak perlu) adzan maupun iqamah saat shalat hari raya fitri maupun adha. Karna memang tiada contoh dari Rasulullah saw. sendiri maupun para sahabatnya.

                                                                       ***

Sekian artikel saya.
Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
     Wassalammu'alaikum.

(Dikutip dari buku Al-Waziz karya 'Abdul 'Azhim bin Badawi Al-Khalafi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar